Kamis, 28 Mei 2015

Aplikasi untuk memutar Video dan Subtitle

Aplikasi yang mendukung HP untuk memutar Video dan Subtitle

OS Symbian

Untuk Hp yang menggunakan Sistem Operasi Symbian silahkan gunakan aplikasi buatan lonelycatgames yang terkenal itu yaitu Smart Movie.
Menggunakan Smart Movie ini memang sangat di wajibkan untuk pengguna symbian karena bersahabat, ringan, gak ribet, dan yang paling utama adalah bisa menampilkan subtitle walaupun hanya mendukung format SUB saja.

Cara bagaimana agar subtitle nya muncul di Smart Movie, itu sangat mudah.
Gunakan X-Plore, buka subtitle yang masih berformat *zip itu menggunakan X-Plore lalu nanti didalam file *zip itu ada 2 Format subtitle. (1) Format SUB, (2) Format SRT. Lalu pilih yang Format SUB saja dan Extact ke folder Video Film nya berada.

Misal Video film nya ada di dalam Folder 1, subtitle nya juga harus berada disana di dalam Folder 1 dan nama video film dan nama subtitle nya harus sama.
Misal nama video film nya adalah Dark_Knight_Risses.2012_BRRip.avidan nama subtitle nya juga harus Dark_Knight_Risses.2012_BRRip.sub hanya akhiranya saja yang beda untuk video nya *avi dan untuk subtitle nya *sub.
Selesai tinggal tonton.

Tapi awas! Karena sekarang Smart Movie sudah banyak Versi nya sampai yang terbaru adalah Versi 4.20, tapi tidak semua Versi Smart Movie itu stabil untuk memutar movie beserta subtitle nya.
Jadi, sangat direkomendasikan khusus untuk memutar Movie, gunakan Smart Movie Versi 3 saja, seperti Versi 3.42 atau 3.25.

Karena Smart MovieVersi 4 itu bermasalah, permasalahanya Video dan Subtitle selalu tidak akur/syncron terutama untuk Hp symbian kelas mid-end kebawah.

Satu lagi kekuranganya Smart Movie yaitu hanya mendukung Codec - Codec tertentu dan sangat terbatas.
Apa itu Codec? Untuk ini silahkan cari informasi di Google.
Seperti apa masalahnya? Pernah kalian menemukan Video format *avi tapi tidak bisa diputar di smart movie? Ya itu karena Codec file Videonya tidak terbaca oleh Codec smart movie.

Jadi, jika kalian menemukan Video yang tidak bisa diputar oleh Smart movie di Blog ini silahkan gunakan aplikasi alternatif lainya, seperti:

- JulyPlayer

Ya, JulyPlayer bisa menampilkan subtitle sama seperti Smart Movie tapi aplikasi ini agak ribet. Tidak seperti smart movie yang tinggal ambil dan taruh subtitle, apliaksi JulyPlayer ini hanya Support subtitle yang format *srt dengan text coding utf-8.
Nah sebelum kita taruh subtitle kedalam folder video nya, subbtitle *srt ini harus kita edit dulu, mengeditnya menggunakan X-Plore, caranya:

Dalam X-Plore, pilih menu - tools - configuration - text coding pilih utf-8 - back.
Sorot subtitlenya pilih menu - file - edit - menu - save as unicode centang (harus ada tanda centang) - back - save dan selesai lalu silahkan masukan ke dalam folder Video film nya berada.

Satu lagi kekurangan JulyPlayer, aplikasi ini sangat berat yang membutuhkan Hp dengan kapasitas RAM yang besar. Jadi Aplikasi ini diperuntukan untuk Hp Symbian kelas mid-end keatas.

Kelebihanya, tentu saja JuliPlayer ini mendukung banyak format video dan codec.

Kalau Hp kalian tidak mumpuni, tenang masih ada aplikasi alternatif lainya seperti:
- UCPlayer
- Rush Player
- Dll. Mungkin ada yang tau aplikasi apa lagi?

Silahkan di coba, jika tetap gak bisa ya terpaksa kita harus tonton di CorePlayer yang tidak support subtitle.
-----

OS Android

Untuk Sistem Operasi Android ini jelas tidak perlu di bahas panjang lebar, kalian tinggal pilih saja di market aplikasi pemutar video mana  yang cocok yang bisa putar Video beserta subtitle nya.
Hanya Rekomendasi, silahkan pakai MX Player atau Dolphin Player atau teman teman ada yang mau memberi rekomedasi silahkan.
-----

IOS iPhone

setya_wi: buat pengguna iphone yang lainnya,
bisa pake vlc player sob, tuh yang gambarnya pembatas jalan warna oranye
ntar file videonya taruh di forder documen di folder app vlc player, subtittlenya juga, disamain namanya yah.

RIM BlackBerry

Maaf , saya masih belum tahu aplikasi apa namanya yang bisa putar video avi dan support subtitle di RIM ini.

JAVA

Sepertinya gak ada aplikasi untuk putar video avi di JAVA ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar